FOI – FINO OWNER INDONESIA – Club Yang Doyan Touring

Fino Owners Indonesia (FOI) memang sudah ada sejak tahun 2006 silam. Pada awalnya hanya dari keisengan dari beberapa penikmat matic mencari alternatif tungangan yang unik dan menarik, setelah browsing di internet, mereka menemukan Yamaha Fino yang diproduksi dan dijual hanya di Thailand. Beberapa orang Indonesia memberanikan diri untuk membeli atau import Yamaha Fino Thailand untuk dibawa ke Indonesia dengan pertimbangan bahwa basis motor ini adalah Yamaha Mio yang sudah terkenal tangguh, banyak dan mudah perawatannya.

Pada saat itu jumlah pemilik motor yang bergabung di FOI masih sangat terbatas. Kendati demikian pada tahun 2008 FOI kembali diaktifkan seiring di buatnya metode perekrutan melaui jejaring sosial media network Facebook. Akhirnya FOI bisa sedikit demi sedikit menemukan beberapa Fino Owners di seputar Indonesia.

Tidak hanya di Jakarta, member FOI ada juga yang berasal dari Medan, Bandung, Surabaya, Papua dan beberapa daerah lainnya. Bahkan beberapa Fino Owners negara tetangga tak jarang sering bertegur sapa, sekaligus jadi ajang tukar informasi seputar modifikasi dan aksesoris.

FOI sama sekali tidak membedakan semua Fino yang bergabung, baik itu CBU ataupun yang konversi dari Yamaha Mio lokal Indonesia kemudian di pasangi baju Fino buatan negeri Gajah Putih. Yang jelas, selama masih berbentuk Fino dan bukan Fino jadi-jadian yang hanya mengadopsi sebagian part dari Yamaha Mio Fino.

“Untuk style, kami sangat memberikan kebebasan kepada masing-masing owners untuk memilih gaya, mulai dari original, classic, mod, racing retro dan sebagainya. Untuk, touring biasanya hanya dilakukan city tour aja, cuma sekedar keliling seputar Jakarta di malam hari, atau sekedar mencicipi beberapa tempat kuliner,”

Beberapa orang member FOI sudah sering melakukan perjalanan seputar Jawa Barat, antara lain touring Bandung serta Pelabuhan Ratu. Sementara itu, perjalanan solo ride terjauh pernah dilakukan oleh Bro Achobule dengan Fino sejauh 2400 km dari Jakarta- Bali -Jakarta.

Anggota FOI yang melakukan modifikasi mesin tak terlalu banyak, hanya sebagian kecil melakukan modifikasi, itupun dibatasi karena lebih untuk keperluan touring long distance agar daya tahan mesin lebih di utamakan. “Sedikit yang menjadi kendala untuk kumpul bareng adalah karena tidak semua Fino Owners rela motornya di jalankan. Sebagian menjadikan Finonya sebagai pajangan atau barang simpanan,” tambah Bro Achobule.

FOI juga tegabung dalam YRC (Yamaha Riders Club) dan mengikuti berbagai kegiatan antar klub, demi menambah jaringan kekerabatan dengan sesama pengguna roda dua dari berbagai brand Yamaha khususnya. Dengan demikian secara tidak langsung sistem perekrutan anggota lebih luas melaui para kerabat klub tersebut.

Mereka (red=anggota YRC) dengan suka rela ikut mencari Fino Owners di sekitar Jabodetabek. Lucunya, FOI sempat dijuluki sebagai club motor yang cukup nekat karena motornya belum di produksi di Tanah Air, tapi wadahnya sudah ada.

Dengan hadirnya FOI yang lebih dulu hadir dari produksi PT YIMM, berharap agar ATPM Yamaha Motor Indonesia bisa memberikan perhatian dengan menyediakan suku cadang Fino yang komplit terutama komponen body parts. Karena selama ini untuk mendapatkan spare-parts tak jarang dicari sendiri oleh pemilik Fino melalui import sendiri atau melalui importir umum.

6-9 april 2012 kemarin FOI mengadakan short trip touring ke pelabuhan ratu, sambil menikmati festival nelayan dilaksanakan oleh pemda setempat, juga melakukan kunjungan ke beberapa sahabat FOI di pelabuhan ratu, silaturahmi ini kami anggap penting sebagai ajang diskusi seputar perkembangan club masing 2x sambil bertukar pikiran dan ide2x seputar club, yang juga penting di sertiap kunjungan ke sahabat di daerah adalah soalisasi FOI sambil menitipkan pembinaan finoers di daerah tsb, FOI di sambut dan di jamu dengan hangat oleh sahabat PJMC (palbuhan ratu jupiter community).

Ddi kopdar bersama tersebut FOI berkesempatan bertemu dengan J-Bog (Jupiter Bogor), Jerico, jupiter bantar gebang, juga berkesempatan mampir di kopdar bersama tersebut jupiter mx sukabumi, JJC (jakarta jupiter club), trip ini FOI ini dilakukan oleh 4 finoers achobule (dewan syuro), nunu (patih nusantara),  thessa (bendahara), tyo (promosi), pepy (promosi), semoga trip seperti ini bisa terus kami laksanakan demi terus membina hubungan silaturahmi dengan para sahabat2x di daerah demi perkembangan FOI secara nasional tentu saja dengan bantuan peran serta para sahabat media

Bagi pemilik Yamaha Fino yang berminat mau bergabung, silahkan kunjungi lokasi kopi darat (kopdar) untuk ajang sharing di seputaran halaman Motoritz Givi Mahakam, Jakarta Selatan. Untuk sementara jadwal kopdar rutin setiap hari Jumat jam 19.00 s/d 22.00 WIB pada minggu pertama setiap awal bulan.

Kontak person Fino Owners Indonesia (FOI), hubungi Dewan Syuro, Bro Achobule Hp. 08568016054. E-mail achobule@gmail.com. Pin bb: 21bfdf4d. Twitter @achobule. Atau hubungi Patih Nusantara (Nunu). Email: nunu_w@hotmail.com. Pin bb 22b33a81. Alamat sekretariat FOI di Jl. Budi No 9, Dewi Sartika Cawang, Jakarta Timur.  www.finoownersindonesia.com

fb group : Yamaha fino owners Indonesia
twitter : @finoownersina