Bongkar CVT Yamaha X-Ride, yuk?

Service cvt motor matic disarankan maksimal setiap 6 bulan atau 6ribu kilometer, tujuannya agar kondisi komponen part bagian cvt tetap bersih dan tidak cepat uas/peang dan akselerasi motor tetap terjaga juga mengetahui jika ada komponen part yang sudah aus/peang .

Lalu bagaimana jika mau bongkar sendiri cvt motor matic Khususnya (X-ride) ,langsung saja silahkan disimak ,
siapkan kunci2 yang dibutuhkan:- kunci T 8mm, (untuk membuka cover saringan udara dan blok cvt)- Kunci T 10 mm ( untuk membuka Cover saringan udara bagian lainya)- Kunci shock 17 mm ( Untuk membuka Mur , Primary slave )- Baut 12mm panjang kira 6cm  Untuk penahan bagian primary salve (kalau punya traker cvt lebih enak).

Siapkan Alat pembersih :- Kuas- Lap bersih- Alkohol (untuk membersihkan bagian Pulley)
Langkah Pertama (buka cover saringan udara)
Untuk motor X-ride harus buka 2 cover saringan udara  bagian atas (ada 8 baut) dengan mengunakan Kunci T 8mm dan bagian bawah dengan Kunci T 10 mm (ada 4 baut)

Langkah ke dua (Buka  baut pada block cvt/ crangcase)
Buka  baut pada block cvt dengan kunci T 8mm jumlahnya ada 11 baut.

Langkah ke Ketiga (Buka bagian Primary slave/rumah pully  )Buka bagian Primary slave/rumah pully  mengunakan kunci 17 mm. Jangan lupa untuk mengganjal rumah puli agar tidak ikut berputar pakai baut 12 mm panjang 6,5 cm (klo ane pake besi tambahan dari kunci shock) yang diletakan menghadap crank-case bagian atas. (Lihat gambar).

Langkah ke Empat (Pembersihan bagian CVT)Setelah mur pengunci primary salve/pully lepas, buka semua bagian cvt, bersihkan semua bagian dari cvt dengan menggunakan Koas, dan selanjutnya melakukan pengcekan pada roller, klo roller sudah peang tinggal ganti dengan yang baru, cek V-belt dan bersihkan dengan koas bagian yg bergerigi, klo ada retakan segera ganti dengan yang baru menghindari Vbelt putus dijalan , setelah pengecakan di lakukan selanjutnya, bersihkan bagian Pulley mengunakan lap berisih dan Alkohol alasan penggunakan alkohol dan tidak menggunakan bensin karena alkohol tidak mengandung minyak, dan tidak akan membuat Vbelt slip setelah di bersihkan nanti.

Bersihkan  bagian pully menggunakan Lap, yg sudah di beri Alkohol sampai semua bagian bersih, Untuk bagian rumah roller bersihkan menggunakan Koas.

Bersihkan  bagian pully menggunakan Lap, yg sudah di beri Alkohol sampai semua bagian bersih, Untuk bagian rumah roller bersihkan menggunakan Koas, atau jika memiliki vakum untuk membersihkan LCD monitor pun bisa.

Bersihkan juga bagian selongong as pulley , part ini sedikit berbeda dengan mio karbu, tidak ada celah untuk Greaser, tapi untuk menjaga bagian ini tidak cepat aus bisa di beri sedikit Greaser Prymary sheave (harga greaser 10rb di dealer yamaha)
 **Ingat jangan terlalu banyak, agar greaser tidak keluar ke bagian pulley krn akan menyebabkan slip.

Bersihkan bagian crangcase dari sisa menggunakan Koas hingga bersih.

Langkah Ke Lima (Pemasang semua part) Finish

Setelah semua bagian di berihkan , Langkah selanjutnya adalah memasang kembali semua part yg telah di bersihkan jika diperlukan sekalian ganti roller yang sudah Peyang, untuk kali ini saya menggunakan Roller 8gr merk Kawahara karena memiliki ukuran berat yang sama dengan bawaan X-ride, menggunakan roller After market bisa di beli seharga 85rb.  dan Roller Asli X-ride bisa di dapat seharga 48 ribu 1 set
** Untuk mengganti Roller bisa menggunakan Roller Mio Lama/Mio karbu karena memiliki dimensi yang sama

Pasang lagi rumah roller ke posisi semula. Hanya, proses pengerjaan kebalikan dari proses membuka. Untuk baut pengganjal di simpan pada bagian bawah crangcase agar mur bisa di kencangkan.

Setelah semua bagian cvt terpasang Lepas baut penahan kemudian  nyalakan mesin sebentar agar posisi Vblet kencang, Untuk memudahkan pemasangan Cover cvt, setelah semua selesai pasang semua cover cvt, dan cover saringan udara, dan rasakan perbedaan tarikan setelah komponen CVT di bersihkan.

Sumber : xriderindonesia