Tutorial Pasang HID di Motor Matic - Portal Berita Motor Matic Indonesia - 2016
Sunday, 19 June 2011 07:00

Tutorial Pasang HID di Motor Matic

Rate this item
(0 votes)

Mungkin banyak yg bingung untuk pemasangn lampu HID di motor, mengingatkan pengalaman pribadi dulu pertama kali pasang langsung bingung setelah baca skema yg biasa ada di kotak dus HID nya. Kalo yg langsung jual di bengkel/toko HID sih bisa langsung minta dipasangin ke montirnya dengan tambahan biaya pemasangan biasanya antara 100rb-200rb per motor, tapi gimana kalo yg belinya via toko online atau biasa di sebut online store?

Dengan sedikit pengalaman pribadi saya, semoga tips dan trik berikut bisa sebagai panduan untuk memasang HID di motor matic bro/sist tanpa harus mengeluarkan uang jasa ke montir bengkel.

Pertama-tama pilihlah HID yang sebelumnya liat type dudukan yg ada di reflektor headlamp, biasanya untuk motor type H6 (hi/low) dan biasanya untuk intensitas cahaya bisa memilih antara 4300K sampe 10000K.
Ukuran ballast harus diperhatikan juga, karena dipasaran ada beberapa ukuran bentuknya, ada yang bentuk tebal dengan daya 25watt, 35watt dan 55watt, begitu juga ballast dengan bentuk yang tipis. Bedanya untuk ukuran ballast tipis lebih hemat arus accu nya dibandingkan dengan ballast tebal dengan daya yg sama. Perbedaan lainnya kalo menggunakan ballast tipis terlihat dari start-up waktu nyalain lampunya, yg ballast tipis tidak langsung terang cahayanya tetapi step up, beda dengan ballast tebal, begitu dinyalakan akan langsung terang.

Ballast Slim
Ballast tebal

OK, sedikit tips pemilihan bohlam diatas mungkin cukup, sekarang saatnya instalasi pemasangan dimotor.
Dengan sedikit panduan skema yang ada di dus HID, kita akan terjemahkan. Dan jangan lupa untuk pemasangan HID pengambilan arus haruslah langsung ke accu tidak kaya lampu ori standar yg masih mengikuti putaran mesin.

Tabel Warna HID


Untuk sebagai percobaan, kita pasang di motor honda vario yang menggunakan 2 HID. persiapkan juga accu dengan kapasitas min 9ah type basah. kenapa harus basah? dikarenakan accu type basah akan cepat mengeluarkan arus begitu ada pengisian dari sepul motor tidak seperti accu kering yg harus menunggu proses kimiawi di dalam accu baru bisa disalurkan menjadi arus untuk kelistrikan motor.
Dan sebaiknya, accu di tempatkan di bagasi diakrenakan ukuran yg lebih lebar dari ukuran accu standar. Dan jangan lupa persiapkan kabel ukuran besar dengan diameter 5mm untuk perpanjangan kabel dari accu ke body depan.

Setelah accu di tempatkan sesuai instruksi diatas dan kabel perpanjangan accu sudah ada di posisi depan, kita mulai untuk pemasangan relay, siapkan relay dengan merk BOSCH ato sekelasnya jangan pake yg kualitas murahan karena gampang putus. berikut adalah skema kaki-kaki relay BOSCH,

dan mulailah instalasi kabel tambahan yg akan menguhubungkan dari accu ke relay terlebih dahulu, dan dari relay ke ballast, ikuti seperti gambar dibawah ini,

Setelah semua pemasangan kabel terhubung, kita coba test apakah HID sudah bisa nyala?



 

Read 963 times

Admin & Author of Maticaholic.com

Untuk yang berminat mengirimkan bahan artikel/review produk/promo produk/profil klub motor dan lain sebagainya, untuk pemuatan di website ini, silahkan kirim email ke support@maticaholic.com