Motor Vario 125 Ngempos? Yuk Disimak dulu - Portal Berita Motor Matic Indonesia - 2016
Friday, 21 September 2012 07:00

Motor Vario 125 Ngempos? Yuk Disimak dulu

Rate this item
(8 votes)

Hasil googling lebih lanjut, habis penasaran banget ma ngempos, kalo pengapian (busi+kabel+cdi) bagus, bahan bakar+O2 sesuai (ECU+nozzle/throttle body bekerja normal). Dengan tanda-tanda tenaga berkurang (ngempos),tambah di gas, malah nyendat2...hampir bisa dipastikan catalytic corverter (CC) bermasalah.

Masalah artinya bisa buntu, atau tersumbat, konstruksi CC yg seperti sarang lebah,terbuat dari susunan plat-plat logam khusus (lupa namanya), akan mudah tersumbat apabila terjadi pembakaran yg tidak sempurna-->timbul jelaga/abu/sisa pembakaran seperti arang.

Dilain pihak sumbatan ini juga bisa ditimbulkan oleh bahan bakar yg buruk kualitasnya (baca : pr*mium) atau juga kualitas busi (bisa juga kabel dan cop) yang jelek sehingga bocor bunga api,pengapian jadi buruk, nah selanjutnya adalah terjadi lingkaran setan.....ga usah takut, ga da setannya.....hehe,

Saya lbh cenderung sebut faktor busi sebagai pemicu....di kasus motorku...busi ori bocor sejak terasa nyendat dan ngempos di km 500--> ganti iridiun di jelang km 800, saat itu saya pakai premium, kualitas pengapian yg buruk memperparah hasil bakar,jelaga numpuk di CC, saat ganti iridium gejala ngempos dan nyendat hilang, karena pembakaran sempurna dan mungkin riding style ku yg cenderung high rpm membuat sumbatan lepas.

Tapi nyendat dan ngempos muncul lagi di km 2600, saat itu motor habis 3 hari dipinjam sodara yg riding stylenya adem ayem...mungkin gaya stasioner ini membuat jelaga bertumpuk lagi (krn masih premium)....di km 2800 rasanya dah ga tahan ada ngempos saat betot gas di 70-80kpj. Jadi ngeri bayangin kalo ada yg nabrak dari belakang....keputusan ganti busi....agak sembuh tuh ngempos....tapi di km3000 ganti busi U22EPRS baru jalan 100km udah ngempos lagi.

Celaka 12-17 nih....padahal dicek ulang mulai ECU, kabel+cop busi masih ok. Busi jd berkurang kemampuannya karena saat CC tersumbat, tekanan baliknya membuat sebagian bahan bakar yg belum terbakar kembali ke ruang bakar dan membuat ECU terpicu untuk kurangi udara masuk,akibatnya ruang bakar menjadi "basah" dan lebih susah dibakar busi....

ini logika saya yg cuman ngerti dikit ttg otomotif...mohon caci makinya dari yg lebih paham

Read 8351 times