4 Resep Jitu Agar Accu Motor Awet - Portal Berita Motor Matic Indonesia - 2016
Monday, 16 February 2015 10:11

4 Resep Jitu Agar Accu Motor Awet

Written by
Rate this item
(1 Vote)

Umumnya umur accu 12V untuk motor rata-rata berkisar 1,5-2 tahun. Seperti pada komponen motor pada umumnya, umur accu bisa bertahan lama dari perkiraan yang sudah ada tergantung bagaimana cara kita melakukan perawatan. Berikut ada 4 tips yang bisa Anda lakukan agar accu motor Anda mampu bertahan lebih lama:

Cek ketinggian air accu
Secara berkala, dianjurkan 1 bulan sekali, cek ketinggian air accu motor Anda. Supaya awet dan sel-sel tidak mengering pastikan agar air accu tidak sampai kehabisan dan selalu pada level yang telah ditentukan.

Membersihkan kutub + dan – dari kerak
Terkadang di musim hujan seperti saat ini accu menjadi lembab, sifat air hujan yang mengandung asam seringkali menimbulkan korosi kerak berwarna putih atau hijau muda pada kutub-kutub tersebut. Kerak-kerak tersebut dapat mempengaruhi proses penyaluran arus listrik dari accu ke motor Anda. Solusinya mudah, lepas accu dari dudukannya kemudian bersihkan dengan sikat besi atau menggunakan cairan WD** lalu keringkan dan kecangkan kembali baut-bautnya. Baut yang tidak kencang akan membuat arus listrik menjadi tidak stabil dan dapat menimbulkan percikan api yang dapat membahayakan motor jika bersentuhan dengan bensin.

Memanaskan motor setiap hari
Idealnya minimal selama 10 menit setiap hari motor Anda yang menggunakan sistem karburator harus dipanaskan dengan cara menghidupkan mesinnya. Jangan membiarkan motor Anda berhari-hari tidak pernah dihidupkan. Cara ini sebenarnya bertujuan untuk melumasi komponen-komponen penting yang berada di dalam dapur pacu dan mengisi kembali daya listrik ke dalam accu anda.

Pastikan kiprok masih berfungsi dengan baik
Jika Anda menemui kendala accu motor Anda sering kehabisan tenaga padahal accu masih dalam kondisi bagus dan air accu tidak pernah kehabisan atau lampu motor Anda sering putus, kemungkinan besar yang menjadi masalah adalah kiprok telah rusak. Kiprok tidak bisa diperbaiki satu-satunya cara adalah dengan membeli kiprok yang baru.

Accu Maintanance Free SCHUM dirancang khusus untuk motor di Indonesia dan diproduksi dengan teknologi tinggi, awet dan tahan lama, memiliki keungulan sebagai berikut :

Accu MF (Maintanance Free)
Accu SCHUM dapat langsung digunakan dan bebas perawatan. Tidak perlu mengecek atau menambahkan air accu,  cukup tekan tombol TEST pada indikator dan bila lampu berwarna hijau, "cuuus.." accu dapat langsung dipasang pada motor.

Accu dengan INDIKATOR
Dilengkapi dengan Mikro Elektronik Chip yang tertanam dalam accu sehingga dapat mengukur kapasitas accu secara akurat dan membantu pengguna untuk melihat kondisi accu dengan tepat.

Lampu indikator menunjukkan informasi sebagai berikut:
Hijau: Accu dalam tegangan normal (tegangan diatas 12.8V) dapat digunakan secara langsung.
Kuning: Kapasitas accu sedikit berkurang (tegangan diatas 12.5V-12.7V) disarankan untuk menambah daya.
Merah: Kapasitas accu tidak cukup (tegangan dibawah 12.4V) battery harus segera diisi daya.

Memiliki 7 lempeng timah
Jumlah 7 lempeng timah adalah sama seperti yang dimiliki oleh accu genuine bawaan pabrikan motor, sehingga menghasilkan listrik yang maksimal.

Menggunakan Jelly bukan cairan.
Reaksi kimia pada accu menyebabkan timbulnya panas. Penguapan larutan dalam accu yang menggunakan Jelly lebih sedikit dibandingkan dengan accu berisi cairan, hal ini akan membuat umur accu lebih lama.


SC-MF5Z-3B
12VOLT-5AH LWH(120x60x130)
Grand, Fit-S, Legenda, Supra, Supra FIT, Mega Pro, PCX 150, Alfa, Crypton, F-1, Vega Series, Jup MX, Mio, Satria S, Shogun, Smash, Tornado, Athlete, Blitz, Edge.
 
SC-MFTZ-5S
12VOLT-3.5AH  LWH(113x70x80)
Revo Series, Blade, Kharisma, Kirana, Supra X series, Spacy, Beat, Scoopy, Vario, New Mega Pro, Mio New, Vixion, New Scorpio, Xeon, Byson ,Satria F, Shogun 125, Skywave, Spin.

SC-MFTZ-6V
12VOLT-5AH LWH(113x70x105)
Vario 125, Verza 150.

SC-MFTZ-7S
12VOLT-6AH LWH(113x70x105)
Satria FU 150.

 

Read 2419 times