Voltmeter Untuk Pengecekan Tegangan Accu - Portal Berita Motor Matic Indonesia - 2016
Sunday, 01 March 2015 09:22

Voltmeter Untuk Pengecekan Tegangan Accu

Written by
Rate this item
(1 Vote)

Memodifikasi motor kadangkala harus tau juga tuh konsekuensinya. Bukan sebagai korban mode saja, asal modif ngikutin orang. Dan yang lagi ngetren beberapa tahun ini adalah memodifikasi lampu motor dengan HID atau dilengkapi dengan projector, yang tentunya pasti tegangan lampu yang dibutuhkan lebih besar dibandingkan dengan lampu bohlam bawaan motornya.

Nah, dari beberapa teman yang sudah memodifikasi lampu tersebut astinya lebih merasa puas, selain hasil output sinar yang lebih lebar, jauh, fokus juga punya kebanggaan tersendiri, dikarenakan beda dari yang lain. Tetapi konsekuensinya tentunya harus rajin tegangan cek accu nya dong, biar suatu saat accu tekor bisa ketauna terlebih dahulu, sebelum mogok. Gengsi dong masa motor dah di modif keren tapi didorong hehehe...

Nah sebenarnya ada alat tuh untuk mengecek tegangan accu, agar lebih gampang. Namanya voltmeter, banyak model dan merk yang ada dipasaran diantaranya merk koso, KTC, dan handmade juga biasanya ada.

Untuk pemasangan voltmeter ini juga sangat gampang banget, karena hanya memiliki 2 kabel saja yang tinggal di sambungkan ke kutub accu positif (+) dan negatif (-) saja. Atau bisa disambungkan melalui kabel kunci kontak motor, agar pada saat kunci kontak ON, voltmeter juga akan langsung hidup. Karakter voltmeter keluaran KOSO ini, akan menginformasikan tegangan. Apabila hasilnya lebih kecil dari 11.5 volt, maka display akan berkedip dan itu artinya accu tekor dan harus di chager ulang atau ganti accu. Sedangkan untuk accu normal biasanya mulai dari 12 volt sampai dengan 14 volt (pada saat motor berjalan).

Yuk dicek accu motor nya sejak dini.

Read 1559 times