Connect with us
https://maticholic-eshop.com/wp-content/uploads/2023/04/point65-banner.jpg

Berita Terkini

KEJUTAN! HONDA SH160 2024 TIDAK LAGI PAKE RANGKA eSAF

Honda SH160 versi 2024 akhirnya kembali dirilis oleh Honda. hadir dengan desain yang lebih elegan, serta memiliki banyak fitur terbaru. Motor dengan rangka anderbon Tubular alias bukan eSAF ini, tentu lebih menarik perhatian dengan performa mesin yang juga lebih bertenaga, dibandingkan dengan Vario 160.

Sempat mengaspal di Indonesia sejak 2017, namun market Indonesia untuk segmen motor ini sepertinya belum besar, bahkan bisa dibilang sangat kecil. Honda SH150i hadir sebagai motor matic premium bergaya Eropa kala itu. Kini motor tersebut sudah mengusung mesin yang sama dengan Honda PCX 160.

Tapi Honda SH160 ini bukan hadir di Indonesia, melainkan di Vietnam yang jadi basis produksinya. Kiprah motor ini sendiri telah berakhir tahun 2021 lalu karena segmentasi konsumen yang terbatas.

Secara penampilannya memang sang motor nampak lebih menawan dibanding dengan Vario 160 yang menggunakan rangka eSAF tersebut. Desain elegan yang ditawarkan belum mampu menggoyang minat konsumen Tanah Air. Selain itu harga jualnya pun memang terhitung tinggi dan bersaing dengan Piaggio Medley S.

Honda SH160 terbaru ini memiliki bentuk elegan dengan garis-garis bodi yang melengkung halus, minim sudut tajam. Cover setangnya disematkan lampu LED DRL.

Advertisement

Warna yang ditawarkan pun banyak variasinya, diantaranya :

  • Versi Premium terdiri dari dua warna, diantaranya Black white dan Red Black
  • Untuk versi Special edition ada warna matt black dengan goresan list merah
  • Untuk Versi Sport berwarna Dark Grey
  • Untuk versi standar, terdiri dari warna Black, Black WHite dan Black Red.

Selain perubahan skema warna, emblem logo pada versi spesial dan sport juga disegarkan sehingga menciptakan aksen mengesankan jika dilihat dari depan dan samping.

Penerangan utama justru berada di bodi depan dengan bentuk pipih, serta memiliki tiga reflektor LED. Lampu sein sendiri berada bodi depan bagian atas, yang menyatu dengan garnish berbentuk V. Serta bagian pegangan boncenger yang meruncing penuh gaya yang bisa digunakan juga sebagai alas untuk top-box-case. Pada bagian belakang juga sudah mengadopsi full LED sedangkan lampu sein nya menyatu dengan bentuk lampu rem.

Bagian tengahnya tetap mengandalkan dek rata, namun terlihat posisi jok yang tinggi, menyesuaikan desain Eropanya. Jika bagian depan terlihat gemuk berisi, buritannya justru ramping dan pipih.

Perkara fitur tentu tak kalah canggih, perangkat keselamatan semacam HSTC atau Honda Selectable Torque Control sudah tersedia. Bahkan motor bisa terhubung dengan smartphone via aplikasi My-Honda dengan koneksi bluetotth. Dengan Aplikasi my-Honda ini, pengendara dapat melihat seluruh informasi kendaraannya seperti status pengoperasian motor, riwayat service, garansi, konsumsi bahan bakar, dan juga akan ada notifikasi bila pengendara lupa mematikan kunci kontak atau motornya bermasalah.

Pada panel indikator menampilkan informasi jam, takometer, tegangan batre, dan indikator tangki bahan bakar yang terletak pada LCD bagian besar. Sedangkan informasi mode trip dan informasi jarak perjalanan, tampil di LCD bagian bawah yang kecil.

Fitur standar motor masa kini pastinya sudah berteknologi smartkey atau keyless dengan knob yang bisa juga untuk pengoperasionalan seperti membuka jok dan membuka tutup pengisian bahan bakar, yang berada didepan, tanpa harus membuka jok terlebih dahulu.

Pada bagian bawah jok tersedia bagasi yang berkapasitas sebesar 28 liter, yang terdapat port USB untuk mengisi daya gadget.

Pada sektor kaki-kaki, suspensi depan menggunakan suspensi telekospik dengan sistem hidrolik, sedangkan yang belakang menggunakan suspensi ganda dengan sistem hidrolik juga yang bisa disetel pre-load. Pada bagian roda, menggunakan velg berukuran 16 inci untuk depan dan belakang, yang dibalut dengan ban depan berukuran 100 per 80, sedangkan untuk yang belakang menggunakan ban berukuran 120 per 80.

Pada sistem pengereman diaplikasikan ABS dual-channel pada semua varian SH160 nya.

Advertisement

Honda SH160i menggendong mesin SOHC, 1 silinder, 4 katup, 156,9cc, dengan spesifikasi diameter 60,0 mm kali langkah 55,5 mm. Mesin ini sanggup menghasilkan tenaga hingga 12,4 kW atau 16,6 dk pada putaran 8.500 rpm dan torsi puncak 14,8 Nm pada putaran mesin 6.500 rpm.

Rasio kompresi mesin SH160i cukup tinggi, mencapai 12,0 banding 1. Sementara kapasitas tangkinya mencapai 7,8 liter. Konsumsi bahan bakar dari motor yang sudah berteknologi injeksi PGM-eF ai ini diklaim bisa tembus 2,24 liter per 100 km.

Honda SH160i akan resmi dijual di Vietnam p ada 22 Desember 2023 bersamaan dengan varian SH125i terbaru. Honda SH160i ditawarkan dalam empat varian, meliputi Standar, Premium, Spesial, dan Sport.

Soal harga, Honda SH160 yang dijual di vietnam ini adalah sebagai berikut : varian Standar dijual dengan harga mulai Rp 60,7 juta, varian Premium dengan harga mulai Rp 66 juta, varian Spesial dengan harga mulai Rp 66,8 juta, sedangkan varian termahalnya yaitu Sport, dijual dengan harga mulai dari Rp 67 juta.

Advertisement
Continue Reading
Advertisement
Comments

copyright © 2024 maticholic.com. Allright reserved by maticholic Network